Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Foto : Pelaku diapit oleh petugas dan Apitu Sulasno pakai hem putih

Sidoarjo- Memo. Sungguh cerdik yang dilakukan M Karim (25th) pria asal Dusun Asemjajar RT 02 RW 04 Desa Rebono Kecamatan Wonorejo, Pasuruan. Bagaimana tidak, dengan menyaru sebagai penjenguk tersangka M Karim menggasak Handphon milik penjenguk dan pasien yang sedang tidur atau lengah.

Ternyata perbuatan tidak terpuji itu sudah lama ditekuni oleh pelaku hingga meresahkan pasien dan penjenguk lain terutama di RSUD Sidoarjo. Terungkapnya ulah nakal pelaku ini berawal dari ada pengunjung yakni Muhammad Khanafi (29th)warga Dusun Karangjati RT 02 RW 11Kecamatan Pandaan, Pasuruan, dan Kuswanda (54th) warga Perum King Safira Blok A6 No 20 Desa Sepande Kecamatan Candi, menjenguk keluarganya yang sedang dilakukan rawat inap, pada saat itu korban Muhammad Khanafi terlelap tidur diruang tunggu IPIT dan korban lalai Handphon ditaruh diatas dadanya, saat lalai itulah pelaku menjalankan aksinya menggondol Handphon korban.

Tak puas begitu saja  pelaku masih mencari mangsa lain dilokasi yang sama, pria yang diketahui sudah sering keluar masuk penjara dengan kasus serupa ini kembali menggasak Handphon milik Kuswanda, mengetahui barangnya raib lantas korban melaporkan ke petugas Scurity RSUD lantas dilanjutkan melapor ke Polsekta Sidoarjo. Tidak membutuhkan waktu lama buat Unit Reskrim Poksek Kota yang dikomadoi oleh Kanit Reskrim Aiptu Sulasno untuk mengukap alap-alap RSUD Sidoajo yang cukup meresahkan masyarakat ini.

Berdasarkan laporan dan keterangan saksi-saksi  petugas lantas mendatangi lokasi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kanit Reskrim Polsekta Sidoarjo, Aiptu Sulasno membenarkan kejadian tersebut. Setibanya di TKP, pihaknya bersama petugas security RSUD segera melakukan pengecekan ulang kronologi kejadian melalui kamera perekam CCTV. Saat itu gambar yang diperoleh dari hasil rekaman kamera nampak jelas wajah pelakunya. Yang kemudian petugas melanjutkan pencarian tersangka yang diprediksi masih berada di sekitar RSUD dan mendapati tersangka berada di ruang tunggu di depan Mushollah RSUD Sidoarjo.

"Saat kita tangkap, pelaku sedang duduk-duduk di depan Mushollah RSUD. Setelah dilakukan penggeledahan, ternyata benar ada 2 handphone milik korban yang kita temukan dari tangan pelaku. Selanjutnya tersangka berikut barang buktinya kita amankan dan kita bawa ke Mapolsek guna penyidikan lebih lanjut," ungkap Sulasno, ditemui Memo jatim di ruangannya, Jumat (30/9).

Dalam pengakuanya pelaku melakukan pencurian dan mendapatkan 2 Handphon, 1 merk Xiomi Rrdmi 3s warna Gold dan 1 merk Nokia warna merah. Modus tersangka ini, diketahui hanya berpura pura sebagai penjenguk pasien, setelah dirinya mengaku kepada penyidik bahwa tidak ada keluarganya yang sakit dan menjalani rawat inap disana. Tersangka merupakan residivis yang baru keluar dari LP sekitar 3 bulan lalu dengan dakwaan perkara kasus serupa, yakni mencuri handphone pengunjung pasien rumah sakit.
"tersangka adalah residivis yang baru keluar dari LP sekitar 3 bulan lalu dengan kasus yang sama, kini kembali ditangkap lagi."terang, Aiptu Sulasno.

Akibat perbuatannya, tersangka terancam dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian. Dengan ancaman hukuman sesuai pasal yang disangkakan. (kmd/rif)

Posting Komentar