Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Foto : Kasubdit Jatanras AKBP Taufik saat gelar pelaku beserta barang bukti

Surabaya-Memo. Subdit III Jantanras Ditreskrimum Polda Jatim, gelar pelaku pembunuhan Abdul Gani didepan gedung Jatanras Ditkrimum Polda Jatim, pada hari Kamis (29/9) pukul 09:00 WIB. pagi tadi, Gelar kali ini hasil dari pengungkapan pembunuhan atas nama Abdul Gani pada tanggal 13 April 2016. Sampai akhirnya mayat ditemukan disebuah waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah.

Berawal dari penemuan mayat pada 14 April 2016 lalu, yang sempat menggegerkan warga setempat,diduga korban tindak pidana pembunuhan dengan nama korban Abdul Gani, warga jalan Pattimura RT.01 RW 06 Desa Semampir Kecamatan Kraksan Kabupaten Probolinggo.

Kronologis pembunuhan berencana tersebut berawal pada tanggal 11 April 2016, dimana pelaku mengagap kebaradaan korban menghambat kegiatan padepokan, hingga keesokanya merencakan untuk menghabisi korban Abdul Gani. Semua pelaku ada tugasnya masing-masing, sampai tanggal 13 pelaku sudah menyiapkan segala sesuatu lantas menghubungi korban dengan membujuk akan dipinjami sejumlah uang oleh pelaku. Lantas sekitar pukul 08:00 WIB. Korbanpun datang dengan membawa mobil Avanza warna putih dengan nopol N 1216 NQ.
Pada saat itu juga, korban dihabisi oleh pelaku yang sebelum sudah direncanakan Taat Pribadi selaku otak pembunuhan.

Untuk menjalankan aksinya Taat Pribadi memberi sejumlah uang kepada pelaku sebesar 320 juta. Kasupdit Jatanras Polda Jatim AKBP Taufik menyampaikan. ,"pelaku diberi sejumlah uang sebesar 320juta, dengan pembagian sesuai peranan dari masing-masing pelaku."ucapnya, saat jumpa pers pada hari Kamis tanggal (29/9) pukul 10:00 WIB. didepan gedung Jatanras Ditkrimum Polda Jatim.

Pelaku yang berhasil diamankan masing berinisial : WD, WW,KD,BR,RD,AS,MY,EY, dan AP sementara ada sebagian pelaku yang belum tertangkap sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Mapolda Jatim. Sementara Barang Bukti (BB) yang berhasil disita petugas  berupa : a. Tali pengikat warna hijau tua panjang 240 Cm yang telah terikat pada kayu bulat panjang 10 Cm.
b. Plastik kresek warna putih/hijau
c. Lakban warna hitam.panjang 200Cm dan 200Cm dan 500Cm.
d. Mobil Avanza warna putih Nopol N 1216 NQ
e. 1buah Hp Samsung Duos warna biru metalik model SM-J100H/DS
f. 1 buah buku pribadi warna coklat ukuran 20x10 Cm
g. Uang tunai sejumlah Rp.9.000.000 (sembilan juta)
h.1 buah Hp merk Microsoft Lumia warna hitam type 532
i. 1 buah Hp merk Nokia warna hitam type ASHA 205
j. 1 buah Hp merk Samsung warna putih type E 1205
k. 1 unit mibil Avanza warna putih  tahun 2015
l. 1 unit mobil dan STNK mobil Toyota Avanza warna hitam metalik tahun 2015
m.1 lembar Fom Order bukti sewa kendaraan
n. Lembar foto copy buku catatan jalan mobil.

Untuk selanjutnya pelaku akan dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur guna proses hukum lebih lanjut.
,"pelaku akan dikenakan pasal 340 jo pasal 338 KUHP jo pasal 55 KUHP. Dimana tindak pidana pembunuhan yang direncanakan sebagaimana yang dimasud dalam pasal tersebut."terang, Kasupdit Jatanras Polda Jatim, AKBP Taufik sambil mengakhiri perbincanganya pada media. (al/rif)

Posting Komentar