Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

"Sebuah Refleksi"Oleh
Kapenrem 084/Bhaskara Jaya Mayor Inf Drs. M. Sutaji

Surabaya-Memo. Peringatan Hari Ulang Tahun merupakan tonggak sejarah yang sangat penting dan strategis dalam siklus kehidupan suatu organisasi, apalagi organisasi militer seperti Korem 084/Bhaskara Jaya. Peringatan HUT Korem 084/Bhaskara Jaya adalah merupakan bagian dari pembinaan dan tradisi korps yang harus dilestarikan. Seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT Korem 084/Bhaskara Jaya Ke – 50 tahun 2016 ini merupakan wahana yang sangat efektif untuk saling memupuk dan menumbuh-kembangkan ikatan kebersamaan, jiwa korsa, serta memelihara kebanggaan dan nilai-nilai kebesaran Korem 084/Bhaskara Jaya, sehingga dapat tercipta suatu kekuatan moril yang tangguh untuk meraih keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas yang diembannya.

Dengan demikian, peringatan HUT, hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk mawas diri sekaligus mengevaluasi dan mengkaji ulang terhadap pelaksanaan tugas-tugas yang lalu.  Selanjutnya, hasil evaluasi dan kaji ulang itu dijadikan tonggak baru untuk mengoptimalkan karya pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama ini. Peringatan HUT Korem 084/Bhaskara ini tidak boleh terkesan sebagai suatu kegiatan seremonial rutin semata, tetapi merupakan wahana yang sarat makna bagi upaya pembangunan organisasi dan peningkatan profesionalitas keprajuritan serta peningkatan kualitas pengabdian prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Korem 084/Bhaskara Jaya mempunyai tugas menjaga stabilitas keamanan serta ikut menyiapkan wilayah  agar senantiasa memiliki daya tangkal yang tangguh dalam menghadapi setiap ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan bagi keutuhan wilayah dan kedaulatan negara, serta kelancaran proses pembangunan nasional yang ada di daerah Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Pulau Madura. Untuk dapat mengemban tugas tersebut secara optimal, maka aspek geografi, demografi dan kondisi sosial  dengan segala kemajemukannya, harus dipahami dengan benar oleh seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya, sehingga segala potensi yang ada dapat diberdayakan dan diarahkan guna memperoleh kekuatan efektif dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks saat ini seiring dengan perkembangan tuntutan masyarakat.

Korem 084/Bhaskara Jaya beserta seluruh elemen masyarakat di seluruh wilayah tanggung jawabnya harus senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang selama ini telah terbukti sebagai satu sinergi yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman. Bagi para prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya dan TNI umumnya, mantapnya kemanunggalan TNI-Rakyat akan meningkatkan kesadarannya sebagai prajurit yang berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat dan untuk kepentingan rakyat pula, sedangkan bagi masyarakat, kemanunggalan TNI-Rakyat yang semakin kokoh dan kuat, diharapkan akan meningkatkan kesadarannya terhadap hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional yang ada di daerahnya.

Timbulnya kesadaran seperti itu, diharapkan dapat mewujudkan sosok prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya yang mampu mengayomi dan melindungi rakyat, dan sebaliknya rakyat akan memperoleh rasa aman,  tenteram dan sejahtera, sehingga mampu melaksanakan fungsi dan perannya, baik sebagai subyek maupun sebagai obyek pembangunan secara maksimal. Untuk dapat mewujudkan semua itu, seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya diminta agar terus berupaya meningkatkan kualitas diri, baik disiplin, profesinalitasnya maupun kemanunggalannya dengan rakyat, agar semakin arif dalam menangkap setiap gejala perubahan dan mampu mengambil langkah-langkah antisipatif secara cermat, tepat dan bijak.

Seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya harus terus meningkatkan iklim dialogis dengan segenap elemen masyarakat yang ada di daerah tanggung jawabnya, yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Para prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya dengan aparat terkait dan tokoh-tokoh masyarakat harus bersama-sama mencari jalan pemecahan terbaik untuk mengatasi segala kesulitan dan permasalahan yang dihadapi  masyarakatnya secara bersinergi, seperti masalah wawasan kebangsaan, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ketahanan pangan dan lain-lain, yang sampai saat ini masih belum sepenuhnya dapat teratasi dengan baik. Dengan kondisi yang demikian itu sudah barang tentu kita akan dapat mengemban tugas masing-masing dengan baik, bagaimanapun beratnya tugas kedepan, apabila dapat dipikul secara bersama-sama, akan terasa ringan, "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing".

Hal lain yang menjadi dasar dari semua itu, adalah perlunya kemantapan iman dan taqwa setiap prajurit TNI kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yang sangat diperlukan dalam menyikapi setiap tantangan tugas, dengan senantiasa dijiwai oleh keutamaan sebagai prajurit Sapta Marga yang menjunjung tinggi nilai-nilai mental, moral dan spiritual keprajuritan.

Dalam usianya yang sudah 50 tahun itu, tentunya Korem 084/Bhaskara masih banyak menghadapi berbagai keterbatasan dan kendala, sementara tugas-tugas yang harus dihadapi dan dilaksanakannya semakin berat dan kompleks seiring dengan tuntutan perkembangan zaman yang semakin mengglobal dan hampir sudah tidak ada lagi batas antar suatu negara. Untuk itulah, diperlukan para prajurit dan pemimpin -pemimpin yang memiliki keunggulan moral, memiliki sifat pantang menyerah dan rela berkorban serta senantiasa bersama dan bersatu dengan rakyat dalam setiap pelaksanaan tugasnya.

Berbagai keberhasilan yang telah diraih Korem 084/Bhaskara JayaI, secara arif dan bijaksana bersama pemerintah dan aparat keamanan lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat, merupakan prestasi yang senantiasa harus diciptakan dan kemudian ditingkatkan di masa yang akan datang, walaupun masih ditemui berbagai kekurangan dan kendala akibat keterbatasan yang ada. Keterbatasan dan kendala yang dirasakan saat ini hendaknya tidak menjadikan prajurit-prajurit TNI tampil tidak optimal di tengah-tengah masyarakat, baik sebagai pengayom, pelindung masyarakat dan sebagai prajurit yang mencintai rakyatnya, maupun sahabat yang setia dan mengerti serta memahami keadaan rakyatnya, tetapi harus dijadikan sebagai pemacu semangat untuk selalu berbuat yang terbaik bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara di daerah tanggung jawabnya.

Para prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya selalu dituntut untuk mengenal secara mendalam lingkungan tempat  bertugas, seperti halnya memahami masyarakat di daerah ini yang sangat religius dan damai, masyarakat yang kita kenal diikat oleh nilai-nilai budaya yang sangat tinggi dan kental, dan masyarakat yang memiliki semangat kebersamaan yang sangat kuat. Untuk itu, seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya diharapkan dapat mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjauhkan diri dari berbagai konflik, dan memfokuskan diri kepada upaya-upaya dalam mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan, baik fisik maupun mental spiritual dalam rangka memajukan kehidupan masyarakatnya.

Seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya dan segenap komponen masyarakat harus menyadari akan jati dirinya dan terus mempertahankan kedaulatan negaranya sampai titik darah penghabisan serta  sebagai bangsa Indonesia yang dapat menatap dan membangun masa depannya yang lebih baik lagi, lebih maju, sejahtera, adil dan makmur. Arahan, harapan dan ajakan tersebut kiranya sejalan dengan tema HUT Korem 084/Bhaskara Jaya tahun ini, yaitu "Dengan semangat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI, Korem 084/Bhaskara Jaya bertekad meningkatkan profesionalisme prajurit dan kemanunggalan TNI -Rakyat guna mewujudkan keberhasilan tugas". Semua itu dapat diwujudkan apabila semua elemen masyarakat dan pemerintah serta seluruh prajurit Korem 084/Bhaskara Jaya bersatu padu dan bekerja keras dengan semangat yang tinggi dan tidak kenal lelah, disertai peningkatan disiplin dan profesionalisme keprajuritan dari seluruh prajurit.

Akhirnya, disertai harapan,  semoga hikmah peringatan ini dapat semakin memperkokoh jiwa korsa dan motivasi pengabdian yang tangguh dalam meningkatkan kualitas satuan. "Dirgahayu Korem 084/Bhaskara jaya", semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada seluruh warga Korem 084/Bhaskara Jaya, sehingga dari waktu ke waktu kinerjanya semakin baik dan baik lagi.  
"Dirgahayu Korem 084/Bhaskaya Jaya", semoga semakin jaya. (084/ar)

Posting Komentar