Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Surabaya-Memo. Sesosok Jenderal Polisi berbintang dua Anton Setiadji Kapolda Jatim merupakan sosok yang patut diteladani. Bukan karena seorang jenderal polisi, tapi karena memang dikenal sebagai figure abdi yang bersahaja dan juga berbakti kepada orang tua.

Tanda bhaktinya kepada orang tuanya ditunjukkan pada suatu amalan yang tidak akan pernah putus yaitu " doa anak sholeh kepada orang tua ". Meskipun sudah lama orang tua beliau meninggal sejak tahun 1983 dan 1987, namun Anton – sapaan akrabnya selalu menyempatkan ke Jember untuk nyekar ( ziarah kubur ), bukan hanya dilakukan saat menjelang puasa atau lebaran tapi setiap ada kesempatan selalu dilakukan.

Sebagaimana diketahui, disisi lain, sangat dekat dengan bawahan. Anton adalah pemimpin yang dapat memperlakukan orang lain dengan baik, istilah bahasa jawanya bisa "nguwongke" terutama kepada mereka di level bawah. Juga tidak segan hadir menyapa, dan merangkul bawahan dengan rendah hati.

Yang paling terkesan adalah bagaimana Anton sangat hafal dengan teman-teman, bahkan temannya sewaktu masa SMP, masih ingat betul. Bila ada kesempatan, Anton mengumpulkan untuk bercengkrama bersama, bercanda ria, bernostalgia, merajuk kembali silaturahmi, ikatan batin dan membangun emosional kebersamaan yang sempat terputus. Anton menyapa teman-temannya dengan sebutan yang sangat familier saat usia muda ( SMP / SMA )

Kesediaannya juga menyapa masyarakat , kerabat, dan para sahabat hingga blusukan dan cangkrukan bareng dengan menyuguhkan cerita yang seringkali dibumbui humor, betul-betul keadaanya telah meruntuhkan jarak yang selama ini memisahkan pejabat dan rakyat.

Kerinduan masyarakat terhadap sosok pejabat yang dekat dengan masyarakat menempatkan figure Kapolda Jatim sebagai representasi akan kerinduan tersebut.

Sungguh menjadi kehormatan bisa bersama Kapoda Jatim saat bisa melakukan shalat tarawih pertama di Bulan Ramadhan dan dilanjutkan kegiatan Safari Ramadhan bersama Forpimda, tokoh masyarakat dan seluruh jajaran Polres Jember yang sedianya dilaksanakan hari ini, Senin (6/6/2016).

Adalah sebuah kebanggaan bagi keluaga besar Polres Jember menyambut kegiatan Safari Ramadhan perdana Kapolda Jatim, seiring dengan kerinduan atas berkah dan rahmat yang akan diluapkan disepanjang bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan selalu menyisakan kerinduan dan kesedihan bagi seorang hamba, rindu akan datangnya dan sedih akan kepergiannya. (dd)

Posting Komentar