Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Pacitan-Memo. Kabupaten pacitan merupakan daerah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dan memiliki wilayah pesisir yang cukup banyak, dengan total garis pantai 70.709 km dan memiliki 26 desa setiap kelurahan pesisir merupakan pontensi yang sangat besar untuk dikembangkan potensi kelautannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berjumlah kurang lebih 3.746 orang .

Dari banyak nya Dermaga tempat nelayan ikan salah satunya Dermaga Taperan Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan yang berpontensi,  di Darmaga Tamperan juga dinilai perputaran perekonomiannya cukup berkembang pesat hingga pada giliranya ikut meningkatkan perekonomian kabupaten pacitan khususnya dibidang kelautan. Tidak sedikit masyarakat diwilayah Tamperan  menggantungkan kehidupanya dari hasil tangkapan laut.

Selain itu potensi perairan umum yang cukup menunjang dan layak dikembangkannya potensi perairan darat yang meliputi telaga yang memiliki luas 32,26 ha, sungai 246,09 ha, cekdam 11,7 ha, dan kolam 29,17 ha. Karena memang sebagian besar wilayah kabupaten pacitan merupakan daerah perbukitan yang sumber daya perairan daratnya sangat kecil karena perbukitan berbatu yang dapat menghasilkan batu putih dan batuan  kapur atau bisa dikatakan wilayah kars.

Dengan berbekal potensi yang ada pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan berupaya mengembangkan potensi yang ada guna meningkatkan kwalitas serta kwantitas produksi hasil bumi untuk mewujutkan masyarakat yang sejahtera. Selain mengembangkan perikanan tangkap dan perikanan budidaya dengan berbagai pengolahan untuk mengoptimalkan hasil perikanan dan kelautan. Beberapa kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah untuk mendukung tercapainya tujuan diantaranya penguatan permodalan,peningkatan kwalitas dan kwantitas kelompok perikanan.

Peningkatan produksi perikanan budidaya dan perikanan laut, peningkatan sarana dan prasarana baik untuk meningkatkan produksi dan pengolahan dan pemasaran dari hasil produksi. Itu semua hanya bagian kecil saja yang telah di upayakan pemerintah Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat secara global.

Tak kalalah pentingnya adalah meningkatnya konsumsi ikan  secara langsung atau dengan berbagai macam produk hasil olahan. Yang kita ketau bersama bahwa ikan memiliki kandungan giji dan bebagai zat yang sangat berguna bagi tubuh tanpa memiliki efek samping. Sehingga wajar bila kerja keras pemerintah kabupaten pacitan telah banyak mendapatkan apresisiasi dari pemerintah propinsi maupun pusat atas pencapaianya pada tahun 2013.

1.Piagam Penghargaan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Prop. Jawa Timur

2.Juara II Lomba Bidang Perikanan Budidaya Kategori KELOMPOK

3.PEMBUDIDAYA NILA/GURAME untuk Kelompok Mina Sejahtera Ds. Wonokarto Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan Tahun 2013

4. Juara II Lomba Bidang Perikanan Budidaya Kategori KINERJA LABORATORIUM KESEHATAN IKAN DAN LINGKUNGAN Tahun 2013. Adibhakti Mina Bahari Bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Tingkat Nasional Tahun 2013, Juara II Kategori Pokmaswas Teladan Bidang Pelestarian Sumberdaya Perairan

5. Adibhakti Mina Bahari Tingkat Nasional Tahun 2013 Kategori Pelopor – Penggerak Perikanan Budidaya.

Semoga apa yang telah dicapai bisa menjadi motifasi dan juga cabuk agar ditahun berikutnya bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.(JK/rs)

Posting Komentar