Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Surabaya-Memo. Eks Dolly menjadi isu yang fenominal disaat Walikota Surabaya Tri Rismaharini berhasil mengtiadakan,apalagi sekarang berhasil merubah Dolly yang dulu dikenal dengan tempat portitusi kini dengan tangan dinginnya disulap menjadi tempat wisata sejak diresmikan oleh beliau (21/2/2016)kemarin.

Bila anda warga luar kota Surabaya biar tidak merasa penasaran jangan lupa berkunjung ke Wisata Dolly yang kini banyak industri berada di Dolly yakni industri Sepatu kulit,Batik,dll.

Bicara soal sepatu, tentu menyangkut kualitas. Hal inilah yang telah ditunjukkan oleh kelompok usaha masyarakat eks lokalisasi yang menempati gedung eks Wisma Barbara di gang Dooly dengan produk sepatu kulit.

Warga terdampak yang sebelumnya menggantungkan hidup dari lembah hitam itu mulai bisa berkarya. Salah satu yang mendadak tenar adalah industri sepatu kulit. Producs Sepatu dari Dolly ini kini sudah banyak dipakai oleh para pejabat Kota surabaya,bahkan anggota Dewan.

Risma maupun wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana pun saat dilantik pada Rabu 17 Februari 2016 lalu telah menunjukkan kepeduliannya terhadap kreasi warga eks lokalisasi Dolly, dengan memakai Sepatu kulit putih dari kelompok usaha masyarakat eks lokalisasi tersebut.

Risma mengaku juga nyaman mengenakan sepatu yang harganya Rp 400 ribuan itu. "Enak kok, nyaman," tutur, Risma saat itu. Tak hanya Risma, pejabat Pemkot Surabaya juga telah ramai-ramai membeli sepatu kulit dari eks lokalisasi Dolly.

Termasuk Kasatpol PP Irvan Widyanto telah memborong 70 pasang sepatu dinas harian untuk anak buahnya tugas sehari-hari. "Sepatu dari eks lokalisasi Dolly itu kita peruntukan untuk anggota Satpol perempuan," kata Irvan.

Camat Sawahan M Yunus mengaku sangat bangga dengan tekad warganya yang cukup besar untuk bisa berkarya. "Saya senang, hasil karya warga mendapat tempat di hati publik. Selain dari pemkot juga ada warga yang pesan sepatu kok," kata Yunus.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijono juga kesemsem dengan sepatu kulit buatan warga eks lokalisasi Dolly yang kini menjadi pembicaraan itu. Ia pun sudah memesan 4 pasang sepatu kulit warna cokelat. Bahkan, Adi sudah mengirimkan contoh sepatu yang dipesannya.

"Saya sangat mengapresiasi. Kalau bukan kita yang pakai, siapa lagi. Kita tentu bangga melihat warga mampu bangkit. Hanya saja pemkot terus mengawal warga di eks lokalisasi untuk terus bisa inovasi dan membantu pemasarannhya," kata Adi.

Peresmian Kampung Wisata Dolly akan digelar besok Minggu (21/2/2016) di eks Wisma Barbara yang kini telah dibeli dan menjadi aset Pemkot Surabaya. Sebelum ke eks Dolly, Wali Kota Risma akan ke Taman Bungkul untuk melakukan teleconference dengan Presiden Jokowi terkait dengan Hari Peduli Sampah.

"Kota Surabaya kan menjadi pilot project dari 22 kota untuk mengurangi sampah kantong plastik," kata Fikser. (ss)

Posting Komentar