Diberdayakan oleh Blogger.

Advertisement

Surabaya-Memo.Desakan untuk pedagang  Pasar Turi Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka bos PT Gala Bumi Perkasa oleh Polda Jatim Pedagang selaku pihak yang dirugikan dalam hal ini meminta Polda segera mencekal dan menahan bos PT Gala Bumiperkasa, Henry Jocosity Gunawan.
Desakan ini, disampaikan Wayan Titip Sulaksana didampingi Abdul Habir, SH selaku kuasa hukum pedagang Pasar Turi. "Jangan hanya ditetapkan sebagai tersangka. Namun dia juga harus dicekal dan ditahan. Jika tidak ingin kabur," tegasnya,pada awak media. (20/2/2016)

Wayan juga menambahkan, laporan terhadap Hendry sudah dilakukan pedagang sejak tanggal 21 Januari 2015 lalu. Saat itu, pedagang diwakili Abdul Habir menyampaikan adanya dugaan penipuan terhadap 4500 pedagang yang dijanjikan bisa menemparti lokasi Pasar Turi Baru.

Diantaranya adanya permintaan dari PT Gala Bumiperkasa untuk sertifikat stand pasar senilai Rp 10 juta, biaya notaril Rp 1,5 juta, serta biaya hak pakai stand, sehingga total uang pedagang yang dibayarkan pedagang men capai Rp 1,4 trilyun.

"Anehnya, saat pedagang sudah memenuhi kewajiban mmeberikan adminsitrasi sebagaimana permintaan PT Gala Bumiperkasa, ternyata Pemkot menyampaikan pedagang hanya mempunyai hak guna pakai, bukan hak kepemiliki. Dari posisi ini, pedagang merasa ditipu Hendry Jocosity Gunawan," teeang,Wayan.

Dalam surat Direktorat Reserse Kriminam Umum Mapolda Jatim, nomor B/228/SP2HP-4/II/2016/Disreskrimum perihal surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan (SP2HP) ke 4 tanggal 19 Pebruari 2016.

Sementara itu, Abdul Habibur mengatakan, pihaknya akan mengawal terus proses pemeriksaan terhadap Henry J Gunawan sampai proses benar-benar tuntas. "Kami akan membuktikan, jika pedagang selama ini benar-benar teraniaya oleh sikap dan tindakan PT Gala Bumi Perkasa," ungkapnya.

Termasuk untuk memeriksan tindakan Hendry yang merugikan pedagang, Polda Jatim sudah memeriksan 53 saksi, terdiri dari 26 saksi korban dari pedagang pembeli stand dan 21 orang saksi terdiri dari Pemkot, BPN, Notaris, dan PT Gala Bumi Perkasa serta 6 saksi ahli juga diikut sertakan.

Pada kesempatan yang sama, H Rosyid salah satu perwakilan pedagang mengungkapkan banyak hal sikap dan tindakan Henri J Gunawanyang merugikan pedagang. Rosyid menyampaikan, selama ini, pedagang merasa diperas oleh investor Pasar Turi. Bahkan, keluhan terhadap PT Gala Bumi Perkasa juga sudah dia sampaikan pada Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Apalagi, lanjut H Rosyid membuat ribuan pedagang tidak terima dan memilih melaporkan ke Polda Jatim, karena sikap arogansi Henry J Gunawan kepada pedagang. ,"Kedepan, pedagang berharap Pemkot Surabaya tidak boleh bersikap lemah lagi kepada investor. Dan melakukan uji kelayakan terhadap gedung Pasar Turi Baru."ungkap,salah satu pedagang Pasar Turi ini.

Seperti diketahui, para pedagang yang diwakili oleh tim kuasa hukum melaporkan Direktur Utama PT Gala Bumi Perkasa selaku pelaksana pembangunan Pasar Turi Baru yakni Henry J Gunawan pada kasus penipuan dan penggelapan kepada pedagang terkait pembelian stand. PT Gala Bumi Perkasa menjual stan kepada pedagang dengan status hak milik serta telah menarik uang kepada sekitar 4500 stand yang berjumlah sekitar 1,4 Triliun rupiah.pedagang berharap suplaimasi hukum ditegakan. (Ss)

Posting Komentar